Selasa, 17 April 2012

Apakah Pasangan Menikah Perlu Memiliki Asuransi Jiwa?

Apakah Pasangan Menikah Perlu Memiliki Asuransi Jiwa - Asuransi jiwa seharusnya menjadi prioritas dalam perencanaan keuangan untuk pasangan yang sudah menikah.  Terlepas dari apakah baru menikah atau telah menikah selama bertahun-tahun. Tidak ada peristiwa yang lebih buruk dibanding dengan kematian pasangan kita. Itulah mengapa Asuransi Jiwa sangat dibutuhkan.


Kapan waktu Yang Tepat Untuk Membeli Asuransi Jiwa?
Pada makalah asuransi terdapat beberapa contoh situasi dimana anda membutuhkan asuransi jiwa untuk melindungi keluarga anda:
Pada saat membeli rumah secara KPR bersama pasangan, belilah asuransi jiwa dan berilah dengan nama masing – masing sebagai penerima manfaat. Sehingga apabila pasangan anda meninggal dunia, anda bisa mengambil manfaat kematian dan uang santunan itu bisa digunakan untuk melunasi hutang KPR.

Pada saat anda memiliki anak, dan ada kejadian tidak terduga dimana ada berdua sebagai orang tua tewas dalam kecelakaan lalulintas. Apa yang akan terjadi dengan anak anda untuk melanjutkan kehidupannya? Untuk itulah anda perlu meninggalkan warisan untuk kehidupannya selanjutnya. Asuransi Jiwa akan membantu anda mengelola hal ini.
Ketika pencari nafkah utama dalam keluarga meninggal, sedang istri hanya ibu rumah tangga biasa, apa yang akan terjadi? Bagaimana pasangan  dapat bertahan hidup untuk mencukupi kebutuhan keluarga? Lain halnya jika memiliki asuransi jiwa, maka uang santunan yang diterima bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sementara waktu sampai akhirnya keluarga yang ditinggalkan bisa mandiri.

Asuransi jiwa tipe apa yang paling tepat?

Untuk  pasangan yang baru menikah, asuransi jiwa berjangka ( term life ) patut untuk dipertimbangkan. Mengapa?

Asuransi jiwa berjangka bisa menjadi pilihan tepat bagi pasangan baru menikah diantaranya adalah karena tingkat premi Yang rendah namun dengan manfaat yang besar. Selain itu ada pilihan perlindungan jiwa untuk 10, 15, 20 atau 30 tahun sesuai dengan kebutuhan anda.

Asuransi jiwa seumur Hidup ( whole life insurance) menyediakan perlindungan jiwa seumur hidup dan menawarkan manfaat nilai tunai, akan tetapi premi yang harus dibayarkan umumnya 2 sampai 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan premi term life.

Sebaiknya jangan menggunakan polis asuransi untuk investasi masa pensiun anda, Sebaiknya gunakan reksadana, dan indeks dan real estate untuk simpanan dana pensiun anda. Asuransi Jiwa adalah untuk melindungi orang-orang yang anda cintai, bukan sebagai alat investasi tetapi sebagai jaminan asuransi anda.

1 komentar: