Minggu, 15 April 2012

Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya Bagi Pendidikan Anak

Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya Bagi Pendidikan Anak Pendidikan merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh anak untuk persiapan masa depannya, sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk memenuhi biaya pendidikan yang dibutuhkan disetiap jenjang pendidikan.Akan tetapi karena biaya pendidikan di Indonesia ini setiap tahunnya meningkat rata-rata sekitar 15 % - 20 % , belum lagi kebutuhan hidup lain membuat para orang tua kesulitan mencari dana untuk kelangsungan pendidikan anaknya. Oleh karena itulah dibutuhkan perencanaan pendidikan sejak awal salah satunya adalah dengan asuransi pendidikan.

Pengertian Asuransi Pendidikan 
Asuransi Pendidikan adalah  salah satu jenis produk dari asuransi jiwa yang memberikan nilai pengembalian tunai dari setoran premi nasabah, pada waktu-waktu yang telah disepakati dan disetujui oleh nasabah dan pihak asuransi dalam polis asuransi.

Manfaat Asuransi Pendidikan 

Asuransi pendidikan memiliki dua manfaat sekaligus bagi pendidikan anak,  yaitu manfaat proteksi dan investasi jangka panjang. Asuransi Pendidikan  memberikan manfaat proteksi dengan menanggung resiko kematian atas tertanggung atau orang tua sebagai sumber nafkah utama dengan  menjanjikan sejumlah uang tertentu jika sumber utama pencari nafkah ( tertanggung) mengalami kematian. Uang pertanggungan yang diberikan tersebut disesuaikan dengan biaya pendidikan anak yang sudah disepakati dalam polis.  Asuransi pendidikan  ini juga memiliki manfaat investasi dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang kita bayarkan. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi akan memberikan jaminan asuransi sejumlah dana yang besarnya sudah disepakati dalam polis dan waktu pembayarannya juga dijadwal dalam polis agar sesuai dengan waktu sekolah anak.

Dengan informasi dari makalah asuransi dan memiliki asuransi pendidikan kita tidak perlu khawatir dengan masa depan pendidikan anak, sebab kebutuhan biaya pendidikan sudah dijamin oleh perusahaan asuransi, apabila terjadi sesuatu terhadap kita sebagai orang tua ( misal sampai meninggal) anak tetap bisa melanjutkan pendidikannya. Asuransi pendidikan memang tidak bisa langsung kita rasakan manfaatnya akan tetapi itu akan terasa saat anak memasuki tiap jenjang sekolah.  Jadi pembayaran premi tiap bulan yang mungkin anda rasakan berat dan terasa buang-buang uang akan terbayarkan disini, seperti pepatah berakit –rakit dahulu berenang kita ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang- senang kemudian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar